Asal Mula Bunga dalam Dunia Tumbuhan

342 views

Sekitar 200 juta tahun lalu beberapa tanaman berbiji mengalami penggandaan genora, yang menghasilkan gen dua kali lebih banyak. Tim peneliti meyakini penggandaan tersebut menghasilkan angiosperma pertama yang kemudian disusul angiosperma lainnya.

Menurut laporan penelitian Amborella Genome Project (AGP) yang dimuat dalam laman Science, tanaman berbunga telah ada lebih dari 160 juta tahun yang lalu. Namun, belum pernah sepenuhnya dimengerti bagaimana kemunculan angiosperma dari pendahulu mereka, pakis gymnosperm.

Analisis genetika terbaru pada Amborella, yaitu tumbuhan perdu dengan akar dalam yang telah berevolusi, menunjukkan ada dua kali lipat genom pada sekitar 200 juta tahun yang lalu.

AGP merupakan kolaborasi antara ilmuwan dari berbagai universitas internasianal, The National Science Foundation, dan diselenggarakan oleh Penn State University. Sampai sekarang, telah dikenal lebih dari 300 ribu spesies bunga yang tumbuh, tetapi sejarah evolusi mereka belum terjelaskan. Mereka menyebar tanpa meninggalkan sedikit pun bukti fosil tentang periode transisi mereka.

Amborella adalah tumbuhan perdu yang ditemukan di Biodiversity Wonderland, Kaledonia Baru. Ia merupakan tumbuhan bawah hutan dan digambarkan sebagai angiosperma yang paling basal, karena kerabat terdekat dari bunga yang pertama ada dan hanya mengalami sedikit perubahan evolusioner sejak kemunculannya.

Faktor-faktor itu sangat penting bagi ahli biologi evolusioner dan AGP untuk membentuk urutan dan mempelajari tentang sejarah evolusi. Setelah bunga itu sepenuhnya diurutkan, para peneliti membandingkan kode genetiknya dengan lebih dari 20 tanaman lainnya.

AGP( telah memperoleh bukti bahwa 200 juta tahun yang lalu, beberapa tanaman berbiji menggalami penggandaan genom, yang menghasilkan gen dua kali lebih banyak. Tim peneliti meyakini hasil dari aktivitas tersebut merupakan angiosperma pertama, yang kemudian disusul oleh angiosperma lain.

Kebanyakan hasil penelitian tersebut menegaskan dugaan para peneliti mengenai evolusi bunga, tapi ada kejutan pada DNA mitokondria dalam 3,8 juta basis pasangan dan terbagi dalam lima kromosom.

Peneliti menemui titik terang ketika menemukan urutan DNA lengkap pada tiga jenis ganggang hijau, satu lumut, dan gen individu dari tanaman berbunga lainnya, hasil tersebut akan memunculkan sejarah evolusi jenis baru.

Tags: #Asal Mula #Bunga #Evolusi #Tanaman