8 Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Tahu

285 views

minum-kopi

Bahaya minum kopi bagi kesehatan tubuh ini memang wajib Anda tahu mulai dari sekarang. Perlu Anda tahu selain teh, ternyata kopi adalah salah satu minuman favorit bagi setiap orang. Sebagian besar orang beranggapan bahwasannya kopi adalah minuman yang paling pas untuk menemani waktu Anda di pagi hari dan saat bersama teman maupun keluarga tercinta. Minuman yang sudah dikenal mulai dari ratusan tahun yang lalu ini tak hanya berwarna hitam saja, sekarang ini kopi sering dinikmati dengan tambahan lainnya, seperti mocha, susu, dan lain sebagainya.

Walaupun sebagian besar orang akan merasa lebih terjaga dan segar, minum kopi ini ternyata juga memiliki efek samping yang pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun, untuk lebih jelasnya beirkut ini akan kami paparkan bahaya minum kopi bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda tahu.

Inilah bahaya minum kopi bagi kesehatan tubuh Anda

Sebabkan sakit kepala

Tahukah Anda bahwasannya kopi adalah salah satu minuman penyebab sakit kepala? Seorang ahli gizi yang bernama Dr. Nupur Krishnan, mengatakan bahwasannya minum kopi ini bisa memicu sakit kepala. Kopi mengandung zat adiktif yang dapat membuat peminumnya menjadi kecanduan kopi. Ketika hanya sehari tidak meminum kopi, kepala akan menjadi sakit dan umumnya dibarengi dengan gejala seperti cemas, tubuh gemetar dan kelelahan. Jadi, mulai sekarang Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein dan konsumsi kopi dengan wajar agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik.

Beresiko pada ibu hamil

Aman atau bahaya ibu hamil minum kopi? Mungkin itu yang seringkali ditanyakan ibu hamil, khususnya bagi mereka yang menyukai kopi. Biasanya meminum kopi tidak membahayakan ibu hamil. Tetapi bila ibu hamil minum kopi lebih dari 300 mg per harinya, maka bisa meningkatkan resiko keguguran atau lahir prematur pada bayinya. Bahkan tidak hanya itu saja, minum kopi secara berlebih pada ibu hamil juga bisa sebabkan kekurangan zat besi, yang pada akhirnya bisa sebabkan anemia bagi ibu hamil. Untuk ibu hamil, perlu diperhatikan betul kondisinya, sebisa mungkin lakukan tes laboratorium untuk memeriksa kesehatan demi menghindari terjangkitnya penyakit-penyakit seperti toksoplasma, dan lain-lain

Mengurangi kepadatan tulang

Bahaya minum kopi bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa mengurangi kepadatan tulang. Sebab kopi yang Anda konsumsi tersebut bisa sebabkan tubuh kekurangan mineral, sehingga hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang menurun ini bisa menjadikan tulang Anda jadi keropos dan juga rapuh.

Sebabkan susah tidur

Salah satu penyebab susah tidur di saat malam hari adalah karena terlalu banyak konsumsi minuman berkafein. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kopi ini mengandung kafein yang tinggi. Hal tersebut pastinya akan mengurangi kualitas tidur, sehingga pada akhirnya akan sebabkan stress hingga depresi. Sehingga hal itu yang menjadikan minum kopi bahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Sebabkan perut kembung

Seorang Dr. Roger Gebhard MD juga menyatakan bahwasannya kopi yang Anda konsumsi juga bisa memicu rangsang secara berlebih pada saluran pencernaan dan memicu kejang di lambung. Bahkan tidak hanya itu saja, ia juga menyakatkan bahwasnnya kopi adalah salah satu minuman penyebab perut kembung dan kenaikan pada asam lambung.

Mengganggu penyerapan makanan

Bahaya minum kopi selanjutnya adalah bisa mengganggu penyerapan makanan, sebab kopi yang Anda konsumsi tersebut bisa merangsang peristaltik yang menjadikan makanan cepat masuk ke dalam usus kecil, sehingga sari makanan tidak bisa terserap dengan baik.

Sebabkan depresi

Kadar kafein yang tinggi pada kopi ini bisa sebabkan seseorang alami depresi. Peningkatan kafein tersebut bisa berpengaruh pada produksi dopamine dan juga akan menciptakan ketergantungan yang tinggi, sehingga banyak orang yang akan alami kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Tetapi, pada saat Anda belum konsumsi kopi, maka secara otomatis dopamine akan menuruh serta hal ini bisa sebabkan timbulnya rasa sedih, tertekan, sampai depresi. Untuk itulah Anda disarankan untuk bisa mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Gangguan kardiovaskuler

Bahaya lain dari minum kopi adalah bisa sebabkan gangguan di jantung. Gejala pertama yang dialami ketika meminum kopi yang terlalu banyak adalah jantung jadi terasa berdebar-debar. Hal itu disebabkan oleh kadar kafein bisa mempengaruhi sistem syaraf yang ada di otak.

Itulah tadi 8 bahaya minum kopi bagi kesehatan tubuh yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat, ya!

Leave a reply "8 Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Tahu"

Author: 
    author