7 Langkah Ini Membantu Anda Terhindar Dari Asam Urat

203 views

Tanpa disadari, mungkin telah banyak makanan yang mengandung purin yang masuk ke dalam tubuh. Purin adatah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Zat ini berada di dalam jenis makanan seperti jeroan, makanan laut, sayur kangkung, dan lainnya.

Efek dari kelebihan mengonsumsi purin yaitu asam urat, suatu produk sisa hasil pemecahan purin. Zat ini memang terdapat pada banyak makanan, yang normalnya beredar dalam darah dan kemudian dibawa ke ginjal untuk dibuang melalui urin. Namun, bila tubuh menjadi tak efektif lagi membuang asam urat melalui urin (air seni), asam urat akan membentuk kristal yang menumpuk di jaringan tubuh.

Baca juga : Kenali Penyakit Jantung Koroner dan Faktor Resikonya

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah di bawah ini. Salah satunya adalah:

Diet purin. Sumber dari asam urat adalah makanan. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah membatasi jumlah makanan yang mengandung purin, seperti jeroan (jantung, hati, lidah, ginjal, usus), sarden, kerang, kacang-kacangan, bayam, udang, daun melinjo atau emping. Selain menjalankan diet purin, faktor gaya hidup dan pola makan juga bisa menjadi pengaruh.

Asupan Kalori. Jumlah asupan kalori yang masuk harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan. Jika penderita kelebihan berat badan, harus diturunkan dulu berat badannya. Asupan kalori yang terlalu sedikit juga tidak baik, yang tepat adalah sesuai kebutuhan tubuh.

Jenis karbohidrat. Dianjurkan mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi, singkong, roti, dan ubi. Hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula, permen arum manis, gulali atau sirup.

Kurangi protein hewani. Dianjurkan sumber makanan yang mengandung protein nabati. Hindari sumber makanan yang mengandung protein hewani, seperti hati, ginjal, otak, paru, dan limpa.

Baca juga : Mengenal Teknologi Penghancur Batu Di Saluran Kemih

Rendah lemak. Lemak dapat menghambat pengubahan asam urat menjadi urin. Oleh karena itu, hindari makanan yang digoreng, bersantan, atau margarin (mentega).

Tinggi cairan. Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Dianjurkan meminum air putih sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Selain minuman, cairan bisa diperoleh melaiui buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, blewah, nanas, belimbing manis, jambu air. dsb.

Hindari Alkohol. Kandungan alkohol dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Hal yang juga perlu diperhatikan yaitu jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter.

Karena itu, siapa pun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tak merembet pada organ-organ tubuh yang lain.

Tags: #Asam Urat #Langkah #Purin #Terhindar