6 Tips Dekorasi Café untuk Menarik Minat Pengunjung

1102 views

cafe

Pergerakan bisnis kuliner khususnya pada sektor minuman di Jakarta sedang booming sekali. Jumlahnya meningkat seiring dengan peningkatan minat anak muda untuk berkunjung ke kedai-kedai minuman dan coffee shop pada akhir minggu. Model bisnis seperti ini diperkirakan akan semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan gaya hidup masyarakat perkotaan yang menjadikan kopi sebagai salah satu pelengkap hangout bersama kerabat.

Salah satu hal yang paling krusial dari sebuah café adalah dekorasinya. Seperti kebanyakan coffee shop lokal dan internasional yang seringkali kita temui di pusat Ibukota. Dekorasi yang unik artinya juga akan meningkatkan minat para tamu untuk datang berkunjung. Anda juga dapat memutuskan apakah modal yang Anda miliki masih cukup untuk membuat tema dekorasi yang unik, jika tidak Anda juga bisa cari pinjaman uang tanpa jaminan ke lembaga perbankan yang tersedia. Jika Anda memiliki café jangan lupa untuk perhatikan dekorasi yang Anda buat, mau tahu tips-tipsnya, simak yuk yang di bawah ini.

  1. Jangan Terlihat Murahan

Memiliki dekorasi menawan untuk café-mu dengan bujet yang minim, sebagai pebisnis mungkin hal itulah yang pertama terlintas di benak kalian. Meski demikian Anda harus tetap perhatikan kualitas unsur dekorasi yang berkelas, jangan sampai hanya demi menghemat bujet dekorasi, café-mu malah terlihat murahan. Sebagai contoh, apabila Anda memilih tema vintage atau klasik ala mid-century, hal tersebut bukan lantas membuat Anda sembarangan dalam memilih material bekas untuk dekorasi seperti kursi kayu, karpet, bohlam, wall-art dan furnitur-furnitur lainnya. Terlalu menghemat dalam memilih material bisa saja malah membuat café Anda terlihat layaknya warung-warung yang tak memiliki keunikan.

  1. Pencahayaan yang Baik

Unsur terpenting dalam mendekor adalah unsur pencahayaan, sebab pencahayaan juga dapat menentukan keindahan suatu dekorasi. Coba Anda pikirkan lagi, siapa yang akan tertarik minatnya untuk mengunjungi café yang hanya penuh dengan lampu neon putih biasa. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin dianggap sepele, padahal penting sekali bagi kelangsungan café Anda ke depannya. Anda dapat mencoba menarik perhatian tamu-tamu Anda dengan menyorot hiasan dinding yang ada dengan menggunakan spot light fixture. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis lampu dengan tema dekorasi yang Anda pilih agar nampak lebih serasi.

  1. Sesuaikan Lantai dengan Tema Dekorasi

Yang satu ini juga seringkali terlewatkan oleh para pemilik café. Meski terletak di bawah dan selalu diinjak oleh tamu dan siapapun yang datang ke café Anda, lantai memiliki porsi yang cukup penting dalam sebuah dekorasi. Misal Anda mengusung tema etnik tradisional yang dilengkapi oleh pintu kayu berukir khas Jepara, kursi kayu antik, cermin ukir tradisional, hiasan dinding dengan etnik batik tetapi lantainya malah terbuat dari porselen berwarna putih. Duh, tema Anda akan gagal seketika.

  1. Area Duduk

Kebutuhan setiap orang untuk datang ke sebuah café memang berbeda-beda. Ada yang ingin merayakan hari spesial, ada yang ingin mengadakan gathering bersama kerabat lama, ada yang ingin bersantai sambil merokok adapula yang ingin menyendiri dan terhanyut dalam dunia maya. Untuk itu perlu adanya pembagian zona tempat duduk untuk beberapa keperluan, misalnya seperti area merokok, area gathering, area untuk menyendiri, dan area umum. Dengan begitu semua kebutuhan calon tamu café Anda akan terakomodir dengan baik.

  1. Jangan Buat Dekorasi Mis-Match

Ada kalanya kreatifitas Anda mengusulkan untuk memadukan beberapa konsep dekorasi dalam satu tema. Terkadang ide ini memang datang dan menjadi ide yang sangat brilian, namun jika tidak diserahkan kepada ahlinya, tentunya konsep yang tadinya ingin Anda jadikan mix & match malah menjadi mis-match. Duh, hindari ya! Sebab ketidakharmonisan tema atau furnitur yang Anda pilih nantinya malah akan terlihat aneh dan dalam beberapa kasus, hal ini jelas malah membangun aura negatif pada café Anda.

  1. Sumber Modal Dekorasi

Jika sudah melakukan kelima poin di atas, yang terakhir Anda harus pikirkan sumber modal dekorasi yang Anda butuhkan untuk café Anda. Apakah kira-kira modal yang Anda butuhkan bisa Anda dapatkan dari penjualan ataukah perlu Anda mencari pinjaman uang tunai. Tak perlu khawatir, sebab saat ini tanpa mengagunkan atau menjaminkan aset berharga, Anda juga bisa mendapatkannya dengan persyaratan dan proedur yang cukup mudah dari beberapa Bank ternama. Untuk membandingkan produk pinjaman yang terbaikpun Anda tak perlu repot mencari kesana kemari, sebab sudah banyak situs perbandingan finansial yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pencarian produk pinjaman yang terbaik. Selamat mencoba!

Leave a reply "6 Tips Dekorasi Café untuk Menarik Minat Pengunjung"

Author: 
    author