6 Cara Tingkatkan Omzet Penjualan

300 views

Penjualan adalah bagian dari kegiatan bisnis yang paling penting karena sebagus apa pun produk yang kita buat, jika tidak direspons oleh pasar, lambat laun usaha akan gulung tikar. Sering para pebisnis pemula (disebut pemula karena usaha baru berlangsung 1,5 tahun) ketika meningkatkan pemasaran melalui penjualan selalu berpikir yang besar-besar yang bisa memicu omzet penjualan dalam sekejap, itu sah-sah saja. Akan tetapi, terkadang terlupakan untuk melakukan hal lain yang justru secara bertahap dapat meningkatkan omzet secara berkelanjutan.

Berikut 6 cara untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda.

  1. Perhatikan Penjualan

Buatlah catatan penjualan. Mengingat, laporan penjualan yang baik sangatlah penting. Suatu saat, semakin banyak varian produk yang Anda hasilkan dan jual, mutlak laporan harus dibuat. Dengan demikian, Anda akan mengetahui apakah penjualan meningkat, menurun atau sama dari hari ke hari, bulan sampai dengan tahun berikutnya. Kemudian, bisa mengetahui produk mana yang terjual dengan baik, mana yang kurang baik yang dijual secara langsung ke konsumen atau melalui distributor, agen penjualan, maupun ritel.

Amati konsumen produk Anda. Coba lihat dan analisis kembali apa yang menyebabkan mereka menjadi konsumen Anda. Dengan demikian, Anda bisa kategorikan juga konsumen tersebut ke dalam beberapa daftar konsumen sehingga Anda bisa mela|kukan pendekatan marketing yang sesuai untuk setiap daftar konsumen tersebut dan lebih segmented.

Kenali prime time selling Anda. Prime time selling adalah waktu/saat penjualan banyak terjadi. Dengan demikian, ketika Anda dapat mengetahui prime time, anda dapat meningkatkan kapasitas produksi. Karena di waktu tersebut, Anda dapat mengoptimalkan kinerja penjualan, misalnya dengan menggencarkan program pemasaran. Segenap resource yang dimiliki, harus fokus penuh pada saat prime tersebut sehingga mencapai target penjualan yang diharapkan.

Jika Anda memiliki tenaga penjual (sales force) baik yang Anda tempatkan di dalam perusahaan maupun tenaga penjual lapangan, juga dapat menggambarkan bisnis Anda. Latihlah mereka menjadi penjual yang andal dan memiliki etika.

  1. Kenali Kualitas

Jika bisnis Anda mengalami penurunan omzet, Anda harus melakukan pemeriksaan kembali mengenai kualitas dari produk yang Anda miliki. Ada kemungkinan produk yang Anda produksi kualitasnya mulai menurun. Biasanya pengusaha lalai dalam hal ini, misalnya quality control yang kurang baik sehingga produk yang dihasilkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan kualitas produk Anda terdahulu. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kualitas produk ini secara berkala karena kualitas produk menjadi faktor paling utama yang bisa membuat nilai penjualan menurun secara drastis, termasuk masa kedaluarsa produk menjadi kewajiban produsen untuk selalu dievaluasi.

  1. Tinjau Kembali Harga Jual

Bagaimana dengan harga jual produk? Anda dapat memilih: Harga tinggi: penjualan sedikit dan laba kecil. Harga murah: penjualan banyak tetapi laba sedikit. Harga tepat: Penjualan banyak dan untung banyak.

Apakah harga yang Anda tetapkan sudah tepat? Anda bisa tentukan harga produk dengan tepat berdasarkan segmentasi pasar yang menjadi target. Dengan begitu, Anda akan tahu harga ideal untuk produk Anda.

  1. Perhatikan Kemasan

Jika Anda merasa desain dan kemasan kurang meyakinkan, Anda harus berani mengambil keputusan mengubahnya. Jika perlu, Anda mencari orang yang ahli dalam hal ini. Kemasan haruslah menarik dan memiliki daya pikat yang tinggi. Banyak kasus dalam penjualan terjadi, ketika kemasan dibuat dengan baik penjualan meningkat secara signifikan.

  1. Kembangkan Jaringan

Caranya, menjalin kemitraan usaha dengan pemilik gerai penjual camilan (misalnya) sebanyak mungkin, baik itu yang ada di kota Anda maupun di luar daerah yang berpotensi lainnya. Dengan demikian, produk Anda semakin mudah dikenal dan diperoleh oleh calon konsumen

  1. Promosi Efektif dan Efisien

Hal ini bisa dilakukan secara intens seperti mengikuti pameran secara berkala, jika Anda memiliki dana untuk itu. Namun Jika tidak ada, Anda dapat memanfaatkan pameran yang difasilitasi pemerintah dengan gratis melalui Dinas dan Lembaga terkait yang ada di kota Anda atau di Kementerian.

Tags: #Bisnis #Cara #Omzet #Penjualan #Tingkatkan