6 Cara Liburan Hemat nan Berkesan

892 views

Banyak yang mengeluhkan defisit setelah liburan panjang seperti liburan akhir tahun kemarin. Berkumpul atau berjalan-jalan bersama keluarga dan kerabat memang sangatlah menyenangkan. Tapi jangan biarkan hal ini merenggut nasib keuangan Anda setelah berlibur nanti.

Sebetulnya, alokasi dana konsumtif yang harus Anda keluarkan saat liburan tidaklah boleh melebihi 50% dari total penghasilan Anda per bulannya. Sehingga ketika liburan selesai, Anda tak perlu mengalami defisit yang akan mengancam hidup Anda hingga tiba waktu gajian berikutnya.

Nah, mau tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyiapkan dana liburan agar tak mengancam kondisi keuangan Anda ke depannya, simak tips-tips di bawah ini ya!

wisata asik nan berkesan

Alokasi Dana Liburan

Jangan biasakan untuk pergi liburan dadakan tanpa perencanaan yang matang, karena hal ini juga akan beresiko terhadap kondisi keuangan Anda, loh. Coba Anda hitung misal rencana liburan berikutnya adalah 6 bulan dari sekarang, mulailah susun rencana pengeluaran, tiket, akomodasi, makan, hiburan dan lain-lain. Setelah mendapatkan total anggaran liburan bagilah totalnya dengan jumlah bulan sebelum waktu liburan tiba dan mulai menabung dari sekarang. Tapi perlu diingat, total anggaran tidak boleh melebihi 50% dari total penghasilan Anda per bulannya. Jadi, sortirlah kebutuhan liburan Anda dengan skala prioritas, hindari pengeluaran yang tak perlu.

Promo Tiket

Pengeluaran terbesar saat liburan biasanya akan terbuang pada biaya tiket transportasi menuju destinasi wisata yang diinginkan, seperti pesawat, kereta api dan lain sebagainya. Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab banyak sekali moda transportasi yang bekerja sama dengan promo kartu kredit Bank tertentu untuk memberikan penawaran menariknya. Selain itu jika Anda merupakan pengguna reguler maskapai penerbangan tertentu, Anda juga bisa memanfaatkan frequent flyer untuk mendapatkan potongan harga tiket penerbangan untuk menghemat anggaran liburan.

Promo Penginapan

Selain promo tiket transportasi, kalian juga harus memburu promo-promo penginapan yang tersedia terdekat dari destinasi wisata yang Anda inginkan. Untuk mempermudah pencarian kalian, gunakanlah online travel agent atau situs-situs terkait yang biasanya memberikan banyak penawaran menarik bekerja sama dengan kartu kredit Bank-bank tertentu seperti kartu kredit BCA dan RajaKamar   yang memberikan diskon hingga 12% yang berlaku setiap hari hingga 31 Oktober 2016 nanti tanpa minimum transaksi.

Ajak Kerabat Ikut Serta

Salah satu keuntungan bagi kalian yang belum menikah adalah dengan memanfaatkan momen liburan ini bersama keluarga dan kerabat. Kalian bisa mengajak mereka turut serta untuk berlibur, selain berbagi kesenangan saat liburan kalian juga dapat menghemat biaya pengeluaran selama liburan karena bisa kalian tanggung bersama-sama.

Hindari Peak Season

Tentu saja berlibur pada peak season juga akan menguras kantong Anda, maka sebaiknya hindari waktu-waktu tersebut. Peak season di setiap destinasi liburan tentu berbeda-beda, sebelum memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, cari tahu terlebih dahulu kapankah waktu-waktu peak season pada daerah tersebut untuk menghindari biaya pengeluaran yang membengkak.

Wisata Budaya Lokal

Jika tiket pesawat dan penginapan sudah cukup menguras kocek Anda, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk bepergian ke destinasi wisata terdekat. Alternatifnya, kalian dapat bersosialisasi dengan penduduk setempat dan berwisata budaya yang berbeda. Berbaur dengan orang lokal dan menggali pengetahuan tentang daerah yang kalian kunjungi adalah nilai lebih. Sebab hal ini juga selain menghemat akan memperkaya wawasan kita tentang suatu daerah.

Dengan enam cara di atas, dijamin liburan kalian bukan hanya lebih hemat namun juga memiliki kesan yang tak akan terlupakan. Sehingga stres akibat rutinitas sehari-hari hilang dan kalian dapat membawa cerita baru saat pulang ke rumah masing-masing. Ayo, rencanakan liburan hemat kalian sekarang juga!