5 Tips dan Trik Sukses Menjadi Freelancer Indonesia

344 views

freelancer indonesia

Freelancer Indonesia – Dunia freelance mulai menarik banyak masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh sebuah situs marketplace ternama, Freelancer.co.id, yang menyebutkan bahwa setidaknya pada April 2016 ada lebih dari  500.000 orang yang tertarik untuk menjadi freelancer serta memanfaatkan situs tersebut secara efektif. Tawaran pekerjaan sebagai freelancer Indonesia pun beragam, mulai dari kepenulisan, konten website, desain, analis, IT hingga Marketing/Pemasaran.

Untuk membantu aktivitas freelancer Indonesia menjadi lebih efektif,  berikut ini kami sajikan ulasan  5 tips dan trik sukses menjadi seorang freelancer yang dapat membantu Anda lebih efektif dalam menjalankan profesi ini.

Gunakan Marketplace Online Untuk Mencari Proyek Baru

Freelancer.co.id merupakan salah satu situs marketplace online yang menyediakan ribuan pekerjaan dan proyek baru bagi freelancer Indonesia, sesuai dengan minat dan kemampuan. Dengan menggunakan situs ini, freelancer bisa memastikan karir yang dipilih berdasarkan 850 kategori yang disediakan dan memulai pekerjaan setelah melakukan bidding dan pembayaran dengan baik.

Buatlah Profil, Resume, dan Portofolio Yang Kredibel

Salah satu yang terpenting dalam mencari pekerjaan adalah membuat profil, resume dan portofolio yang kredibel agar employer yakin bahwa Anda-lah freelancer Indonesia yang mereka cari. Buatlah bahan yang menunjukkan profesionalitas Anda dalam bekerja, dan yakinkan mereka dengan bidding yang tepat. Proses bidding menentukan segalanya : apakah Employer mengubungi Anda untuk sebuah proyek dan setuju dengan penawaran jasa yang diberikan atau tidak. Jika Anda memiliki contoh terbaik hasil kerja sebelumnya, Anda bisa mencantumkannya pada Profil.

Pastikan Anda Memiliki Sistem Pembayaran Yang Aman

Sebelum memastikan hal ini, tentukan harga yang kompetitif pada jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda seorang yang baru atau akan menjadi freelancer, tentu harga menyesuaikan kualitas pengerjaan.

Beberapa freelancer Indonesia menerapkan sistem pembayaran di muka, dan memberikan garansi pengerjaan bila hasil tidak sesuai dengan target Employer. Ada pula yang melakukan pembayaran setelah pengerjaan selesai, namun cara ini rawan terjadi kecurangan. Untuk mengantisipasi hal ini, Freelancer.co.id menerapkan sistem milestone payment (pembayaran tanda jadi), sehingga pekerja tidak kuatir tertipu dan employer tidak harus membayar jasa penuh sebelum proyek selesai.

Bangun Reputasi Profesional Anda, dan Mulai Bekerja

Sebagai pekerja, reputasi merupakan hal penting. Kepercayaan Employer tentang pengerjaan proyek akan semakin besar seiring dengan reputasi yang Anda tunjukkan. Maka bangun reputasi Anda dengan baik dengan menunjukkan kinerja sebagai freelancer Indonesia yang profesional. Mulailah dengan teliti membaca proyek yang ditawarkan, berikan respon yang tanggap dan ramah, dan kerjakan sesuai dengan deal yang dilakukan.

5 tips dan trik sukses menjadi freelancer Indonesia diatas tentunya harus disertai dengan ketekunan dan kesungguhan Anda dalam bekerja. Dengan begitu, potensi Anda sebagai freelancer akan semakin berkembang, dan pendapatan pun bertambah.

Leave a reply "5 Tips dan Trik Sukses Menjadi Freelancer Indonesia"

Author: 
    author