5 Permainan Untuk Mengajari Anak Membaca dan Menulis

631 views

Dalam pendidikan yang kini sudah berkembang, peran orangtua dalam membantu guru mendidika anak juga sangat penting. Mengapa demikian? Karena kolaborasi antara orangtua dan guru yang merupakan pondasi utama pendidikan formal dan non formal akan menyempurnakan pendidikan anak. Pada usia awal perkembangan, anak belum memiliki kesadaran belajar dan cukup jenuh untuk selalu berlajar secara formal.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk “membungkus” suatu pembelajaran membaca dan menulis sehingga dekat dengan keseharian anak. Berikut
5 cara mengajari anak belajar membaca dan menulis cepat yang bisa Anda lakukan.

  1. Puzzle Kata

Saat anak bermain puzzle yang mengandung huruf – huruf, orangtua bisa membimbing agar huruf – huruf tersebut membentuk kata. Dengan demikian, puzzle tidak hanya bersifat menantang kemampuan visual – spasialnya, tetapi juga kemampuan berbahasanya. Ciptakan pula cerita di balik kata tersebut sehingga kemampuan komunikasi anak juga bisa terlatih.

  1. Petualangan Maze

Tips lainnya, untuk mengajari anak mudah belajar membaca dan menulis adalah dengan petualangan maze. Games sangat cocok digunakan bagi anak yang memiliki tingkat keaktifan tinggi dan sulit duduk diam. Orangtua bisa membuat kartu berisi gambar dan sebuah kata sebagai petunjuk yang mengarahkan anak ke tahapan maze selanjutnya. Jadikan rumah dan setiap sudutnya sebagai area petualangan anak. Anak akan mencoba membaca setiap kata yang diberikan untuk mencapai tantangan berikutnya. Tentu hal ini merupakan pembelajaran yang tidak disadari anak, sehingga mereka tidak akan bosan.

  1. Ular – Ularan

Tempelkan kertas dengan beberapa kata sederhana pada setiap segmen bagian tubuh boneka ular atau ulat, sehingga anak akan berusaha membacanya. Pembelajaran dapat juga ditingkatkan menjadi menulis atau menyalin untuk melatih kelincahan tangan anak.

  1. Perahu Kertas

Perahu kertas bisa dibuat dari bahan yang amat sederhana. Dalam perahu kertas, buat sebuah rongga yang bisa diisi bola ping pong. Permainan dapat diawali dengan mengisi bak mandi dengan air, lalu meniup perahu yang diletakkan di atas air. Orangtua dan anak bisa berjongkok saling berseberangan. Setelah itu, ibu meniup perahu yang akan ditangkap anak di ujung seberang.

Anak diharuskan membaca kata pada bola ping pong yang ada di dalam perahu kertas. Semakin banyak anak membaca, semakin banyak poin yang dikumpulkan. Orangtua juga bisa melibatkan anak tetangga atau saudara yang seumuran agar kompetisi lebih menarik.

  1. Bowling Kata

Seperti permainan bowling biasa, anak menggelindingkan bola untuk menjatuhkan pion yang terbuat dari botol kemasan air mineral. Setelah itu, botol yang sudah diisi kertas brisi kata – kata harus dibaca untuk memperoleh skor. Sangat menarik bukan?

Leave a reply "5 Permainan Untuk Mengajari Anak Membaca dan Menulis"

Author: 
    author