5 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

18 views

Seorang ibu menyusui sangat membutuhkan banyak vitamin, agar susu yang dihasilkan dapat menghasilkan zat  baik untuk tubuh anak. Salah satunya untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui. Makanan sehat tersebut tidak harus di dapat dari suplemen makanan yang tersedia untuk ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu menyusui bisa di dapat dengan mudah dari bahan-bahan yang tersedia di pasaran. Berikut beberapa makanan sehat untuk ibu menyusui.

  1. Sayuran Hijau

Tidak semua jenis sayur bisa membuat asi anda deras dan juga lancer. Untuk menghasilkan asi yang berkualitas, anda harus rajin mengonsumsi sayuran hijau. Bahkan anda harus mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Sayuran hijau yang bisa anda konsumsi untuk memperlancar asi adalah daun katuk. Daun katuk memang sudah terkenal untuk menghasilkan asi yang berkualitas. Anda bisa membuat sayur katuk menjadi sayur bening atau hanya dengan direbus. Sayuran hijaun lainnya seperti daun kacang-kacangan juga sangat baik untuk kualitas asi. Jika anda tidak menyukai kedua sayuran tersebut. Anda bisa mengonsumsi kacang panjang. Hal ini karena kacang panjang dapat juga membantu kualitas asi anda. Anda bisa mengonsumsi kacang panjang mentah atau dengan direbus.

  1. Kacang-Kacangan

Selain sayuran hijau, jenis makanan sehat lainnya yang baik untuk ibu menyusui adalah kacang-kacangan. Anda bisa mengonsumsi almond. Almond dipercaya baik untuk ibu menyusui. Banyak opsi dari kacang almond. Anda bisa mengonsumsi susu almond. Almond panggang juga bisa menjadi cemilan sehat anda. Opsi lainnya anda membuat almond menjadi bahan campuran kue. Jenis kacang-kacangan lainnya juga bisa anda konsumsi seperti chia seed. Anda bisa mengonsumsinya sebagay topping memakan oatmeal.

  1. Kurma

Siapa yang tidak tahu jika kurma bermanfaat untuk tubuh. Maka tak heran jika kurma juga sangat baik untuk ibu menyusui. Kandungan kurma, selain untuk kualitas  asi jadi banyak, juga membuat asi menjadi lebih bergizi. Anda bisa memakan langsung buah kurma atau dengan membuat minuman dari buah kurma. Caranya mudah, anda bisa membekukan kurma di dalam freezer, kemudian diblender. Cara lainnya adalah dengan merendam buah kurma di dalam air hangat. Anda bisa mencampur rendaman buah kurma dengan madu. Agar rasanya terasa lebih nikmat.

  1. Buah Pepaya

Berbagai macam buah memang sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Namun buah papaya mempunyai manfaat lain. Dengan mengonsumsi buah papaya, maka kualitas asi anda akan terjaga. Seperti kita ketahui jika jumlah asi yang banyak akan membuat bayi anda menjadi kenyang lebih lama. Nah, dengan memakan buah papaya dapat membantu produksi asi anda menjadi lebih banyak. Konsumsilah buah papaya sebagai cemilan. Anda juga bisa membuatnya menjadi jus papaya.

  1. Susu

Agar kualitas gizi anda terjaga dengan baik ketika menyusui. Maka anda dianjurkan untuk mengonsumsi susu secara rutin. Anda jangan khawatir jika badan anda menjadi bertambah berat dengan mengonsumsi susu ibu menyusui. Karena kandungan yang terdapat di dalam susu menyusui sangatlah banyak. Seperti sumber kalsium dan lemak yang baik untuk bayi anda. Anda bisa mengonsumsi susu menyusui di pagi hari dan di malam hari.

  1. Ikan

Bukan hanya buah dan sayur, yang baik untuk ibu menyusui. Ikan juga sebagai sumber yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Kandungan protein dan juga omega 3 pada ikan dapat sangat baik untuk otak anak. Makan setiap anda memakan makanan, usahakan untuk menyertakan ikan sebagai lauk makan anda. Ikan seperti ikan kembung, pating dan ekor kuning adalah salah satu ikan yang memiliki protein tinggi.

Leave a reply "5 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui"

Author: 
    author