5 Langkah Mendapatkan Rumah Idaman

310 views

home-design-5

Membeli rumah adalah langkah besar dalam hidup. Jika Anda telah berencana memiliki rumah dan ingin memiliki rumah idaman, ada baiknya Anda sudah mulai mempersiapkan dana dan tabungan. Karena hal tersebut menjadi hal terpenting sebelum membeli rumah.

Sejumlah rumah dijual di Bandung, rumah dijual di Jakarta, dan di beberapa kota lainnya kini memiliki harga yang bervariasi. Dari yang berharga dikisaran 100 juta, hingga belasan miliar rupiah ada. Maka memperhitungkan bujet untuk rumah sangatlah penting.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan agar Anda dapat mengelola keuangan agar bisa mendapatkan rumah yang diidamkan.

Pahami Batas Kemampuan Finansial

Mengetahui batas kemampuan finansial Anda menjadi hal yang sangat penting. Untuk mengetahui batas kemampuan finansial, Anda dapat menghitung penghasilan per tahun dan kemudian dikalikan 2,5. Angka tersebut dapat memberikan gambaran berapa banyak uang yang akan digunakan untuk mendapatkan sebuah rumah yang diharapkan.

Jika Anda memiliki tagihan kartu kredit atau mobil, maka Anda harus menghitung ulang kembali anggaran tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari banyaknya tagihan dan menumpuknya hutang.

Mulai Menabung

Untuk mendapatkan rumah impian, biasanya Anda harus membayar uang muka sebesar 10 hingga 30 persen. Angka tersebut tentunya tergantung dari kemampuan dan pendapatan Anda untuk dapat membayarnya.

Sekarang misalkan, rumah impian Anda adalah rumah berharga Rp 800 juta dan uang muka ada pada angka 20 persen. Dengan ini Anda diharuskan membayar uang muka sebesar Rp 160 juta. Maka, segeralah menabung.

Tingkatkan Nilai Kredit

Jika Anda memiliki nilai kredit yang buruk, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan suku bunga yang rendah bagi KPR. Bahkan, jika keadaannya parah, mereka tidak akan memberikan pinjaman KPR sama sekali.

Maka, mulailah meminta salinan kredit untuk kemudian dipelajari. Bersihkan dan tingkatkan nilai kredit Anda. Bayar seluruh kewajiban kredit Anda. Hal ini tentu dapat meningkatkan nilai kredit Anda.

Bandingkan Pinjaman KPR

Bank penyedia KPR memiliki banyak model peminjaman KPR yang berbeda. Bahkan, jika ada dua pinjaman KPR yang memiliki suku bunga sama satu pinjaman KPR tersebut akan memiliki masa pembayaran atau tenor yang lebih lama satu sama lainnya.

Karena tidak ada produk KPR yang sama, maka yang harus dilakukan adalah membandingkan pinjaman KPR yang ditawarkan

Beberapa aspek yang harus diperhatikan adalah suku bunga, tenor, pinjaman, manfaat, hingga premi pinjaman. Selain itu Anda juga perlu memberi perhatian pada lembaga pinjaman yang digunakan. Apakah mudah atau sulit mengajukan pinjaman pada lembaga tersebut. Juga perhitungkan resik kebangkrutan dari lembaga terssebut.

Survey Harga

Melakukan survey harga rumah di satu kawasan sangatlah diperlukan agar Anda tidak membayar rumah yang terlalu mahal, padahal ada rumah dengan spesifikasi serupa yang lebih murah. Hal ini agar Anda tidak terlalu rugi dalam membeli rumah.

Kini, melakukan survey rumah tentunya tidaklah terlalu rumit. Sudah ada banyak situs Online yang menyajikan informasi dan harga rumah yang dijual, misalnya situs www.urbanindo.com. Harga rumah dijual di Bandung dan harga rumah dijual di Jakarta tentunya akan berbeda.

Bahkan, rumah dijual di Bandung sendiri pastinya memiliki harga yang variatif. Fitur Lihat Harga Sekitar di situs www.urbanindo.com tentunya dapat membantu Anda untuk melihat harga di satu kawasan di Bandung. Hal serupa juga bisa diaplikasikan untuk rumah dijual di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Leave a reply "5 Langkah Mendapatkan Rumah Idaman"

Author: 
    author