5 Kue Lebaran Favorit yang Wajib Tersedia Saat Idul Fitri

26 views

Hari Raya Idul Fitri 1440 H diperkirakan jatuh pada tanggal 5 sampai 6 Juni 2019 mendatang. Sambil menjalankan ibadah puasa, tak ada salahnya kita menyiapkan segala kebutuhan nanti. Salah satu yang biasanya tak terlewatkan adalah kue lebaran favorit.

Dari berbagai macam camilan, kue lebaran favorit apa yang tak akan Anda lewatkan untuk ditaruh di meja ruang tamu saat Idul Fitri nanti? Apapun pilihannya, pastikan agar semua orang yang datang dapat mencicipi kue tersebut.

Kue lebaran yang disediakan, biasanya adalah kue kering dengan tekstur renyah. Selain membeli lewat toko-toko terdekat, Anda juga bisa membuatnya sendiri berdasarkan resep yang tersedia baik di buku maupun internet. Ini dia, 5 kue lebaran favorit yang wajib tersedia sebagai berikut:

  1. Kue Lidah Kucing

Kue lebaran favorit pertama yang akan dibahas adalah kue lidah kucing. Kue kering ini berasal dari Belanda dan populer disajikan di Indonesia saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Rasanya enak, gurih, dengan tekstur yang lembut serta lumer di lidah. Hmmm, sedap!

Tampilan kue lidah kucing juga tidak rumit, yakni berbentuk pipih dengan topping berbeda tergantung kreasi yang dibuat. Itulah mengapa, kue kering yang satu ini disebut lidah kucing. Penyuka kue lidah kucing hadir dari berbagai macam kalangan, tua sampai muda.

  1. Nastar

Tak lengkap rasanya jika melewatkan kue kering yang satu ini dari daftar. Ya, nastar adalah kue lebaran favorit semua umat dengan isi selai nanas yang menggugah selera. Perpaduan tekstur kue dan isinya, sulit untuk dilupakan oleh kita.

Selain nanas, nastar kini tersedia dengan beragam isi selai dari rasa buah-buahan seperti strawberry, anggur, dan lain-lain. Kue kering tersebut biasanya diberi topping berupa keju yang gurih dan mampu menyeimbangkan rasa lewat sensasi asin.

  1. Kastengel

Kastengel atau kue keju, menjadi satu dari sekian banyak kue lebaran favorit yang tak akan luput disediakan saat Hari Raya Idul Fitri tiba.  Kue yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju sesuai dengan namanya.

Pada umumnya, kastengel dibuat menggunakan oven. Jika tak ada oven, Anda tetap bisa membuat kastengel dengan menggunakan teflon. Ingin menambahkan sensasi manis? Tambahkan gula secukupnya, lalu kurangi kadar keju agar tidak terlalu asin.

  1. Kue Putri Salju

Taburan gula putih nan membahana, lalu bentuknya yang menyerupai bulan sabit, tak akan pernah luput dari ingatan kita atas kue putri salju. Rasanya sudah tak perlu diragukan lagi, sungguh menjadi favorit bagi semua orang!

Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, serta kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang. Guna menyempurnakan, permukaan atas kue putri salju diselimuti dengan gula halus. Jangan sampai melewatkan kue ini di meja tamu, ya!

  1. Kue Sagu

Kue sagu dibuat dari adonan tepung sagu, sehingga memiliki tekstur yang lembut dan lumer pada setiap gigitan. Serupa dengan jenis kue lebaran favorit lainnya, kue sagu turut menyuguhkan serpihan keju di atasnya.

Terdapat banyak variasi ue sagu, mulai dari seperti kue sagu keju, kue sagu susu, kue sagu pandan, dan masih banyak lagi. Banyak pula orang yang memutuskan untuk membuat kue sagu sendiri dan bekreasi sesuai selera pribadi.

***

Itulah tadi, 5 kue lebaran favorit yang biasanya tersaji saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Tak hanya ada di meja ruang tamu, Anda juga bisa mengirim sambil menyelipkan kartu ucapan lebaran Idul Fitri lewat Canva.

Selamat merayakan Hari Kemenangan yang akan datang!

Leave a reply "5 Kue Lebaran Favorit yang Wajib Tersedia Saat Idul Fitri"

Author: 
    author