5 Hal Unik di Korea Selatan Yang Pantang Dilanggar

264 views

5-hal-unik-di-korea-selatanJika berkunjung ke Korea Selatan ada beberapa hal unik dan menarik yang kedengarannya akan sedikit lucu tetapi menjadi suatu kebiasaan orang-orang di sana. Ada juga norma-norma yang tidak akrab di telinga orang Indonesia tetapi pantang dilanggar.

Berikut adalah 5 hal unik di Korea Selatan yang pantang dilanggar di antaranya:

  1. Larangan memotret isi rok

Ini merupakan peringatan unik yang ditempatkan di beberapa fasilitas umum di Korea Selatan. Salah satunya, di stasiun subway. Di setiap dinding dan eskalator ditempelkan gambar larangan memotret isi rok perempuan ketika menaiki tangga berjalan. Aturan tersebut digambar dengan jelas untuk mudah dipahami. Aturan itu diberlakukan untuk melindungi hak-hak perempuan di ruang publik hingga mereka bisa tenang menggunakan rok mini tanpa takut dilecehkan di tempat-tempat umum.

  1. Jangan berikan tip kepada sopir taksi

Sedikit apa pun kembalian dari uang taksi yang diberikan oleh sopir taksi, sebaiknya diterima. Jangan sampai memberikan uang tersebut untuk tip kepada sopir taksi karena akan dianggap menghina mereka. Mereka tidak akan mengambil sedikit pun uang kembalian dan justru akan mengembalikan uang tersebut berapa pun sisanya, bahkan hingga 5 atau 10 won sekalipun.

  1. Dilarang merokok di jalanan Kota Ansan

Bagi orang yang ingin merokok, telah disediakan tempat di pinggiran trotoar yang hanya dibatasi dengan pagar besi. Untuk bisa merokok, punggung mereka harus bersandar di pagar besi itu. Jika tidak, orang yang melanggar akan didenda antara 30.000 won hingga 50.000 won atau sekitar Rp 320.000 hingga Rp 520.000 untuk sekali pelanggaran, tergantung pada lokasi tempat yang dilanggar.

  1. Kebiasaan menggosok gigi

Menggosok gigi menjadi kebiasaan yang paling sering ditemui ketika di Korea Selatan. Setiap kali masuk ke area kamar mandi di pagi ataupun sore hari pasti ada satu atau dua orang Korea Selatan yang menggosok gigi sambil mengobrol di keran. Usut punya usut, ternyata di Korea Selatan menggosok gigi menjadi penting karena mereka jarang mandi di pagi hari. Suhu udara di Incheon sering kali berada di kisaran 7-13 derajat Celsius di pagi hari membuat orang-orang Korea Selatan lebih memilih menggosok gigi dibandingkan dengan mandi, bahkan dengan air hangat sekalipun.

  1. Selalu memegang telefon kendati tak digunakan

Sebagai salah satu negara yang gila internet hampir setiap hari di jalanan terlihat kaum muda Korea, dengan rentang usia dari yang muda belia hingga berusia 45 tahun, selalu memegang telefon genggam di mana pun mereka berada. Bukan hanya selalu memegang telefon, tetapi kebiasaan jika naik subway, maka mereka selalu menatap telefon kendati hanya bolak-balik membuka-buka galeri foto. Untuk urusan bersosialisasi, orang Korea lebih senang menggunakan aplikasi messenger Kakao Talk dibandingkan dengan menelefon ataupun mengirimkan SMS.

Itulah 5 hal unik yang ada di Korea Selatan dan pantang untuk dilakukan karena jika dilakukan akan kena denda.

Tags: #Dilanggar #Hal #Korea Selatan #Pantang #Tabu #Unik

Leave a reply "5 Hal Unik di Korea Selatan Yang Pantang Dilanggar"

Author: 
    author