5 Cara Merawat Gigi Palsu

253 views

cara-merawat-gigi-palsuKata “ompong” memang momok menakutkan bagi banyak orang. Sebagian mengaitkannya dengan usia yang semakin bertambah, tetapi banyak pula yang menderita gigi ompong karena berbagai faktor lain. Ada yang langsung menggantinya dengan gigi palsu, tak sedikit yang membiarkannya begitu saja. Lantas, bagaimana cara merawat merawat gigi palsu agar kesehatannya tetap terjaga?

Tanpa disadari, kondisi gigi yang dibiarkan ompong memiliki pengaruh terhadap fungsi gigi dan gusi seseorang. Saat gigi yang copot tak diganti, fungsi mengunyah jadi tak optimal. Mengunyah hanya dengan satu sisi, menyebabkan penderita mengalami ketidakseimbangan kerja pada sendi rahang. Hal tersebut menyebabkan rasa sakit pada sendi rahang. Dalam hal ini, pemakaian gigi palsu atau tiruan cukup penting.

Terpopuler : Kenali Tulisan Anak Anda

Layaknya merawat gigi pada umumnya, memperhatikan perawatan gigi palsu atau tiruan juga penting. Selain untuk memperpanjang usia penggunaan gigi palsu, perawatan yang benar juga untuk menghindari produksi bakteri dan kuman di dalam mulut sehingga potensi memperburuk penampilan dalam bersosialisasi bisa dihindarkan. Lalu, seperti apa cara merawat gigi palsu?

Berikut 5 cara merawat gigi palsu yang bisa dilakukan di rumah:

Melepas gigi palsu dalam jangka waktu tertentu

Setelah selesai makan, hendaknya gigi palsu dilepaskan dan dibersihkan. Cara pembersihannya bisa dengan direndam dalam air hangat atau dilarutkan bersama pembersih khusus yang bisa dibeli di apotek. Cara itu untuk menghindari gigi palsu kering dan bertekstur keriput. Jika tidak memungkinkan, setidaknya tanggalkan gigi palsu kira-kira 6 jam tiap hari dan merendamnya.

Cara menyikat gigi

Kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan gigi palsu adalah menyikatnya menggunakan pasta gigi. Hal tersebut sebaiknya dihindari, karena kandungan pasta gigi umum tidak sesuai dengan bahan pada gigi palsu. Penggunaan pasta gigi umum bisa menyebabkan abrasi atau pengikisan pada gigi. Selain itu, gigi palsu memiliki tingkat kelembutan sekitar 10 kali lebih baik daripada gigi asli. Menyikatnya dengan sikat berbulu kasar sangat tidak direkomendasikan.

Jaga tetap higienis

Menjaga gigi tetap higienis sangat penting untuk kebersihan serta kesehatan mulut dan gusi. Saat membersihkan atau melepaskan gigi palsu dari gusi, jaga agar gigi tidak jatuh ke lantai untuk menghindari tumbuh suburnya bakteri.

Baca Juga : Berbagai Tempat Pariwisata Indonesia

Hindari makanan keras dan terlalu asam

Saat mengunyah, biasakan untuk tidak melakukannya hanya pada satu sisi. Gunakan dua sisi mulut agar tekanan kunyah merata. Makanan asam juga sebaiknya dihindari untuk menghindari abrasi pada gigi.

Pemeriksaan rutin

Perawatan gigi palsu yang baik dapat memaksimalkan usia gigi palsu, yaitu sekitar lima tahun. Meskipun demikian, jangan lupa untuk mengecek kesehatan mulut dan gusi setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. Jika pemakaian gigi palsu menyebabkan gusi bengkak dan memerah, hindari dulu penggunaannya atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum memutuskan untuk memasangnya kembali.

Demikianlah 5 cara merawat gigi palsu agar terjaga selalu kesehatannya.

Tags: #Cara #Gigi #Gigi Palsu #Merawat #Palsu