4 Tips Lolos SIMAK UI Menjadi Lebih Pede

33 views

Siapa yang ingin menjadi keluarga Universitas Indonesia? Aku..aku..aku. Hampir semua mahasiswa ingin sekali menempuh pendidikan di kampus yang satu ini. Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, UI juga membuka Jalur Mandiri S1 Reguler yang di laksanakan melalui SIMAK UI.

Untuk info, menurut website resmi SIMAK UI, ada 4 materi SIMAK UI 2019 yaitu:

  1. Menulis Essai (mengukur kemampuan softskill).
  2. Kemampuan Dasar (KD): (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk semua jurusan.
  3. Kemampuan IPA (KA) : Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia.
  4. Kemampuan IPS (KS) : Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sejarah

Hayoo kalian sudah siap belum menghadapi tes SIMAK UI ini, sebelum kamu menghadapi SIMAK UI, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan nih, yuk kita lihat.

  1. Dokumen Harus Lengkap

Banyak pelajar yang suka kelewat nih teman-teman, mereka banyak yang gagal salah satunya karena dokumennya tidak lengkap. Misal salah mengisi nomor peserta, atau nilai tidak lengkap karena absen. Sayang kan kalau nilai kamu bagus tetapi gagap karena hal sepele seperti ini.

  1. Persiapkan Alat Tulis

Selanjutnya sebelum menghadapi SIMAK UI  ini, jauh-jauh hari kamu harus lihat nih stok peralatan tulis kamu. Sudah lengkap kah ? Atau masih ada yang kurang?

Bawalah pensil 2B yang asli ya, minimal 3 yang sudah di raut agar kamu tidak perlu sibuk meraut lagi saat di ruangan. Persiapkan juga penghapus yang lembu dan alas triplek atau yang biasa kita sbeut papan jalan untuk ujian. Setelah semua sudah lengkap peralatannya, jangan lupa masukkan semua alat tulis nya ke dalam tas .

  1. Persiapkan Fisik

Untuk menghadapi SIMAK UI ini kondisi fisik kamu harus prima. Bayangkan saja , di sesi pertama biasanya IPA, kamu harus duduk selama 150 menit untuk mengerjakan 75 buah soal IPA. Atau jika kamu mengikuti IPS saja, kamu harus duduk selama 90 menit untuk menghadapi 75 buah soal di sesi ketiga.

Di sesi kedua, kamu harus duduk selama 120 menit, bertarung dengan 60 buah soal Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika kamu mengikuti IPC, maka kamu harus menghadapi IPA dan IPS, berarti kamu akan berfikir selama 360 menit.

  1. Belajar dan Perbanyak Latihan Soal

Dari semua persiapan yang tadi, pastinya kamu harus belajar dong, terutama perbanyak latihan soal yang biasa keluar di SIMAK UI. Di era modern ini, pasti pelajar jaman now lebih suka memegang gadget di bandingkan buku. Nah cocok nih buat kamu, ada metode belajar efektif dari Ruangguru yaitu bimbel online gratis. Waw..

Disana terdapat fitur Ruangbelajar dengan materi berupa video interaktif animasi. Selain itu Ruangguru juga  memberikan berbagai latihan soal agar kita bisa tahu nih gambaran untuk mengetahui soal-soal yang akan di ujikan di SIMAK UI nanti.

Semoga 4 tips tadi bisa berguna ya dan kamu bisa menjadi bagian dari keluarga Universitas Indonesia. Semoga berhasil teman-teman.

Leave a reply "4 Tips Lolos SIMAK UI Menjadi Lebih Pede"

Author: 
    author