3 Pertanyaan Seputar Jatuhnya Si Kecil

552 views

si-kecil-jatuhAnda pasti akan was-was dan bingung ketika si kecil jatuh. Tapi akan lebih bingung lagi jika terlalu banyak pendapat yang mengharuskan Anda begini atau Anda begitu demi si kecil. Mana yang harus dituruti atas pertanyaan seputar jatuhnya si kecil.

Coba lihat beberapa tips singkat di bawah ini berkenaan dengan pertanyaan seputar jatuhnya si kecil.

Apa yang harus dilakukan jika kepala si kecil benjol karena jatuh?

Benjol di kepala adalah hal yang biasa, terutama pada bayi yang sedang belajar merangkak atau berjalan. Meskipun benjolan pada kepala tampak sebagai masalah yang cukup serius akan tetapi benjolan tersebut hanyalah merupakan pembengkakan, sebagai tanda bahwa cedera yang dialami si kecil mempengaruhi jaringan tengkorak, tapi bukan pada otak.

Bengkak pada kepala tidak mungkin menekan ke dalam sehingga memunculkan benjolan ke luar, karena kepala dilindungi oleh tengkorak. Untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi, cobalah mengompresnya dengan es selama 20 menit. Untuk mengalihkan perhatian si kecil dari rasa dingin yang dirasakannya selama dikompres, cobalah memberi makanan atau mengajaknya bermain.

Bagaimana jika bayi yang terjatuh justru malah tidak menunjukkan adanya indikasi cedera dan terus saja bermain?

Bersyukurlah, tapi jangan lupa untuk tetap berhati-hati. Jatuhnya si kecil mungkin berakibat serius, tapi karena tulang si kecil masih sangat lembut maka tulang tersebut tidak mudah patah, tidak seperti anak yang sudah lebih besar. Jika si kecil jatuh pada permukaan yang tampak keras tapi tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, teruskan mengawasinya dalam jangka waktu 24 jam (terutama jika si kecil terjatuh dengan posisi kepala terbentur terlebih dahulu).

Perhatikan tanda-tanda yang mungkin terjadi dan segeralah menghubungi dokter jika melihat adanya tanda berikut:

Mata juling atau ukuran pupil yang berbeda.

  • Perubahan pada gaya merangkak atau berjalan.
  • Mudah marah atau merasa terganggu.
  • Muntah lebih dari satu atau dua kali (muntah sekali setelah terbentur pada kepala adalah hal yang biasa terjadi, biasanya bukan merupakan tanda yang luar biasa).
  • Keluarnya cairan atau darah dari hidung atau telinga.

Bagaimana jika si kecil kehilangan kesadaran setelah jatuh?

Melihat si kecil kehilangan kesadaran, meskipun hanya sebentar, pasti rasanya sangat menakutkan. Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Jika si kecil sempat pingsan tapi tidak lama kemudian sudah sadar kembali, Anda tetap harus membawanya ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan si kecil. Biasanya dokter akan merekomendasikan Anda untuk mengistirahatkan si kecil sambil tetap mengawasinya dengan baik, sehingga jika si kecil mengalami sakit kepala, muntah atau mengalami perubahan irama napas, warna kulit atau perilaku, maka Anda dapat mengetahuinya.

Jika si kecil belum juga sadar setelah beberapa detik, hubungi dokter atau paramedis terdekat. Jika Anda mengkhawatirkan terjadinya cedera leher atau tulang belakang – si kecil sadar tapi sama sekali tidak bergerak, atau sadar tapi cacat – jangan sedikit pun menggerakkan atau bahkan memindahkannya. Cobalah untuk memantapkan posisi kepala dan lehernya dengan buku atau bantal di sekitar tubuhnyg agar tidak berubah posisi. Dengan lembut cobalah mengangkat dagunya agar tidak mengalami kesulitan bernapas. Jangan lupa memeriksa detak nadinya.

 

Tags: #Jatuh #Pertanyaan #Si Kecil