3 Agama Kuno Ini Hilang Ditelan Waktu

195 views

Mungkin kita sebagai orang Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan 5 agama seperti Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha. Dari kelima agama tersebut, tentu saja menjadi hak bagi setiap individu-individunya. Sebelum masuknya agama-agama besar seperti kelima agama tadi, dunia ini ternyata ada agama kuno yang lebih dulu ada. Namun seiring berjalannya waktu, agama-agama kuno tersebut pun mulai ditinggalkan oleh pengikutnya. Nah, berikut ini akan saya sampaikan 3 agama kuno yang hilang ditelan waktu.

1. Manikeisme
Sesuai dengan namanya, Manikeisme ini didirikan oleh seorang Persia bernama Mani. Agama ini menyatukan tiga unsur agama yakni kristen, budha, dan zoroastrianisme. Manikeisme mulai tumbuh subur dibeberapa negara seperti Iran, India, China, dan masih banyak lagi. Namun, pada abad pertengahan agama ini mulai ditinggalkan oleh pengikutnya karena terjadi kesimpang siuran dalam ajaran agama Manikeisme.

2. Tengriism
Tengriism ini berkembang pesat di kawasan Asia Minor seperti Azerbaijan, Khazakstan, Kyrgyztan, dan masih banyak lagi. Agama ini mulai ditinggalkan, pada saat runtuhnya kerajaan Mongolia dan mulai masuknya agama Islam ke kawasan Asia Minor.

3. Agama Olmec
Agama Olmec ini merupakan keyakinan suku Aztec dan Maya. Dimana, olmec merupakan seorang dewi kesuburan. Maka diadakannya ritual persembahan bagi dewi Olmec dengan mngorbankan nyawa manusia. Namun, pada saat Portugis menginvasi kawasan Amerika tengah, agama Olmec perlahan mulai ditinggalkan dan banyak orang aztec yang memeluk agama kristen.

Leave a reply "3 Agama Kuno Ini Hilang Ditelan Waktu"

Author: 
    author